Transportasi di Korea Selatan

transportasi di korea selatanTransportasi di Korea Selatan terdiri dari kereta api, bus, kapal ferry dan penerbangan udara. Jalur kereta api terdiri dari subway yang berada di enam kota: Seoul, Busan, Daegu, Gwangju, Daejon dan Incheon. Operator kereta api Korail menyediakan pelayanan kereta api hampir keseluruh kota besar di Korea Selatan.

Korea Selatan memiliki 103 bandar udara dengan Bandar Udara Internasional Incheon sebagai bandar terbesar. Bandar udara Incheon pernah dinobatkan sebagai bandar udara terbaik di dunia oleh Airport Council International. Bandar udara internasional lainnya yang terdapat di Korea Selatan antara lain berada di Gimpo, Busan dan Jeju.

Maskapai penerbangan nasional Korean Air dibentuk pada tahun 1962, melayani 21.640.000 penumpang dengan 12.490.000 penumpang internasional. Asiana Airlines, dibentuk pada tahun 1988, melayani penerbangan domestik dan internasional. Penerbangan lain seperti Hansung Airlines dan Jeju Air melayani penerbangan domestik dengan harga yang lebih murah.

Tansportasi di Seoul

  1. Kereta Api
    • Kereta api diesel/listrik (Tongil, Mugunghwa dan Saemaul).Menghubungkan Seoul dengan kota-kota di seluruh Korea Selatan
    • ktx
      KTX: Kereta Api Express di Korea Selatan
      Subway (10 jalur. Merupakan sarana transportasi di dalam kota dan kota-kota di sekeliling Seoul
    • Kereta Api Expres KTX. Menghubungkan Seoul dan Busan serta kota-kota besar di sepanjang jalur tersebut, antara lain Daejon, Daegu, dan Suwon.
  2. Jaringan jalan tol. Jaringan jalan tol Korea Selatan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Jaringan jalan tol ini menghubungkan Seoul dengan semua provinsi di Korea Selatan dan hampir semua kota-kota besarnya.
  3. Udara.Terdapat dua bandara yang melayani penerbangan dari dan ke Seoul, yaitu Bandar Udara Internasional Incheon dan Bandar Udara Internasional Gimpo.